Komponen Dasar Engine

  • Engine Block
    • Engine block adalah salah satu komponen atau bagian utama dari mesin yang mendukung semua komponen engine
Gambar Engine Block https://www.amazon.ca/Dart-31161111-9-025-4-000-Engine/dp/B001RDG274


  • Cylinder
    • Cylinder adalah lubang - lubang pada block engine, cylinder memiliki beberapa fungsi :
      • Rumah piston
      • Ruang untuk pembakaran
      • Meneruskan panas keluar dari piston
Gambar https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Internal_combustion_engine_pistons_of_partial_cross-sectional_view.jpg

  • Cylinder Head Group
    • Cylinder head dan komponen-komponennya dirancang agar valve dapat membuka dan menutup dengan timing yang tepat, dan agar bahan bakar diinjeksikan pada waktu yang tepat sehingga didapatkan kemampuan puncak dari engine.
Gambar https://fastnlow.net/penjelasan-mengenai-fungsi-cylinder-head-pada-mesin/
    • Komponen pada Cylinder Head :
      • Valve Cover
      • Bridge
      • Valve Spring
      • Valve Guide
      • Valve Seat Insert
      • Valve Intake & Exhaust
      • Rocker Arm
      • Injector

Gambar Valve
      1. Valve
      2. Inside Spring
      3. Outside Spring
      4. Valve Rotator
      5. Valve Lock
Gambar Injector https://www.eurodiesel.com/blog/bosch-diesel/get-bosch-diesel-injectors


  • Piston
    • Piston berfungsi untuk meneruskan energi panas dari pembakaran dirubah menjadi daya dorong, energi dari pembakaran akan diteruskan untuk mendorong connecting rod bergerak ke bawah pada saat langkah usaha.
Gambar Piston https://www.7ent.com/products/piston-1275cc-ae-nural-9-75-cr-cooper-s-21253.html


  • Ring Piston
    • Ring piston terpasang pada piston dan bergesekan langsung dengan cylinder liner. Ring piston akan merapatkan antara body piston dengan cylinder liner dan mencegah terjadinya kebocoran pada saat proses kompresi dan pada saat terjadi proses pembakaran. Ada 3 (tiga) ring piston yang dipakai pada setiap piston. Ketiganya itu adalah, dua compression ring (ring kompresi) dan satu oil ring (ring pelumas).

Gambar Ring Piston https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/05/190436515/tips-ringan-rawat-ring-piston-bisa-di-rumah-aja


  • Cylinder Liner
    • Cylinder liner berfungsi melindungi bagian dalam cylinder block dari gesekan ring piston
    • Cylinder liner membentuk selubung air yang membatasi air pendingin dengan piston. Terdapat dua jenis Cylinder Liner: Wet type cylinder liner (tipe basah) dan dry type (tipe kering).
      • Liner basah mempunyai o-ring yang menyekat selubung air dan mencegah bocornya pendingin.
      • Dry liner atau biasa juga disebut sleeve dipakai untuk memperbaiki parent bore yang mengalami kerusakan. Liner semacam ini disebut “dry“ karena sangat merapat pada dinding lubang cylinder di block engine tanpa ada air yang berkontak langsung dengannya
Gambar Liner https://www.bukalapak.com/p/motor-471/sparepart-motor/piston/1zauapm-jual-cylinder-liner-boring-rx-king-a


  • Spacer Plate
    • Spacer plate adalah plat pemisah antara cylinder head dengan cylinder block, Didesain agar jika terjadi kerusakan tidak langsung ke cylinder headnya melainkan spacer plate dahulu, Sehingga kerusakan tidak fatal. Spacer plate (allumunium), satu untuk masing-masing cylinder, terletak di permukaan atas dari block. O-ring seal diletakkan satu di dowel.
    • Di bawah spacer plate, di atas spacer plate dan kedua sisi dari spacer plate gasket harus bebas dari fuel, oil, air dan gasket adhesive, compound, atau kontaminan yang lainya selama assembly.
                                                                              Gambar Spacer Plate

  • Connecting Rod
    • Connecting rod menghubungkan piston ke crankshaft. Bagian-bagian dari connecting rod adalah sebagai berikut :
      1. Rod Eye
      2. Piston pin bushing
      3. Shank
      4. Cap
      5. Rod Bolt and Nut
      6. Connecting Rod Bearing
Gambar Conecting Rod

    • Terdapat 2 bagian pada conecting rod, small end dipasang pada bagian piston dan big end dipasang pada crankshaft


  • Crank Shaft
    • Crankshaft adalah componen pada engine yang berfungsi meneruskan energi mekanik dari connecting rod, dan merubah gerakan naik turun connecting rod menjadi gerakan putar. Gerakan putar akan diteruskan ke flywheel.

Gambar Crank Shaft https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-a-camshaft-and-a-crankshaft
    • Di dalam crankshaft terdapat saluran lubang tempat jalannya oli yang disebut oil gallery. Lubang saluran oli dibuntu pada satu ujungnya dengan plug atau set screw
    • Untuk mengurangi gerak maju atau mundur pada crankshaft (gerakan maju-mundur crankshaft tersebut biasa disebut End Play) maka dipasanglah thrust main bearing.

  • Counterweight
    • Crankshaft mempunyai 2 (dua) counterweight untuk masing-masing rod journal. Counterweight diberi urutan nomor mulai dari depan ke belakang, dan diikat pada tempatnya dengan 3 (tiga) baut.
    • Counterweight berfungsi sebagai pemberat dan sebagai penyeimbang agar gerakan dari crankshaft mempunyai gaya kelembaman.
      Gambar counter weight https://www.eng-tips.com/viewthread.cfm?qid=460550


  • Cam Shaft
    • Cam Shaft berfungsi untuk membuka dan menutup valve sesuai dengan firing order (urutan waktu pengapian ). Bila camshaft berputar maka cam lobe berputar. Masing-masing lobe mengoperasikan Intake dan  Exhaust valve untuk setiap cylinder. Beberapa cam memiliki lobe untuk menyemprotkan bahan bakar. Lobe ini akan menekan unit injector. Lobe tersebut akan mengatur kapan bahan bakar disemprotkan ke combustion chamber.

Gambar Camshaft https://studentlesson.com/camshaft-definition-working-parts-problems-making/


  • Valve Lifter dan Push Rod
    • Valve lifter atau cam follower bertumpu pada setiap lobe camshaft. Bila Camshaft berputar, valve lifter akan menyusuri permukaan lobe.Valve lifter merubah gerak camshaft ke Push rod, Push Rod memindahkan gerakannya ke rocker arm, untuk membuka dan menutup valve. Ada 2 tipe valve lifter yaitu :
      • Slipper follower
      • Roller follower

Gambar letak komponen valve lifter, pushrod




Gambar Roller lifter https://www.enginebuildermag.com/2017/09/basics-valve-lifters-beyond/


  • Bearing
    • Ada dua bearing yang terpasang pada crankshaft yaitu Main Bearing (metal duduk) dan Journal Bearing (metal jalan).
      • Main bearing adalah bearing yang dipasang sebagai tumpuan dari crankshaft pada block engine
      • Journal bearing adalah bearing yang dipasang pada Big End connecting rod yang berhubungan dengan crankshaft

        Gambar letak bearing http://constructionmanuals.tpub.com/14264/css/Bearing-Lubrication-101.htm


  • Vibration Damper
    • Pada bagian depan crankshaft terdapat vibration damper. Alat yang menyerupai flywheel kecil ini berfungsi untuk meredam getaran yang terjadi akibat putaran crankshaft (torsional vibration).
Gambar Vibration Damper



  • Gear Train Assembly
    • Gear Train Assembly dihubungkan untuk memindahkan tenaga dari crankshaft ke komponen-komponen lain dari engine.
    • Gear Train Assembly menyelaraskan kerja komponen-komponen engine lainnya pada setiap langkah kerja engine.
    • Komponen Gear Train antara lain:
      • Roda gigi crankshaft (crankshaft gear)
      • Roda gigi idler (idler gear)
      • Roda gigi camshaft (camshaft gear)
      • Roda gigi fuel injection pump (fuel injection pump gear)
      • Roda gigi pompa oli (oil pump gear)
      • Roda gigi pompa air (water pump gear)
      • Roda gigi kompresor udara (air compressor gear)

Gambar Gear Train Assembly