Secara umum engine diesel dikelompokkan berdasarkan :
- Stroke
- Letak cylinder
- Arah putaran
- Letak camshaft
- Besarnya putaran
- Cara pemasukan bahan bakar ke dalam cylinder
- Cara pemasukan udara ke dalam cylinder
- Pengelompokkan Engine berdasarkan stroke
- 4 Stroke
- 2 Stroke
Gambar mechstuff.com
- Pengelompokan Engine Berdasarkan letak cylinder
- in - line
- V - Type
- contoh untuk in-line engine yang memiliki cylinder berjumlah 4 dan 6 buah cylinder seperti type 3306 T dan 3406 TA
- sedangkan untuk V-Type adalah dengan pengelompokan derajat :
- V - 50o yaitu 3600 series
- V - 60o yaitu 3500 series
- V - 65o yaitu 3400 series
- V - 90o yaitu 3200 series
- cara pemberian nomor cylinder pada in-line type adalah dimulai dari cylinder yang berada pada bagian yang paling depan. Bagian depan Engine adalah bagian yang letaknya berlawanan dengan flywheel atau berdekatan dengan radiator
Gambar in - line type https://id.pinterest.com/pin/339881103108693024/
Gambar V - Type https://id.pinterest.com/pin/258675572327373206/
- Pengelompokan Engine Berdasarkan arah putaran
- S.A.E Standard Rotation ( berlawanan arah dengan putaran jarum jam )
- Opposite S.A.E Rotation ( searah dengan jarum jam )
- dengan mengatur posisi beberapa komponen pada engine, putaran berlawanan arah jarum jam dapat diubah menjadi putaran searah dengan jarum jam
- Pengelompokan Engine Berdasarkan letak camshaft
- Cam in Block (camshaft diletakan di dalam engine block)
- contoh engine : 3114, 3116, 3126, 3176, 3204, 3208, 3304, 3306, 3406, 3408, 3412, 3416, D379, D398, D399
- Overhead Camshaft ( camshaft terletak di cylinder head)
- contoh engine: D344, D366, D343, D346, D349
- Outboard Camshaft (camshaft terletak di sisi engine block)
- contoh engine : 3508, 3512, 3516, 3608, 3612, 3616
- Pengelompokan Engine Berdasarkan besar putaran engine
- 350 - 1000 RPM : Low Speed Engine
- 1000 - 1500 RPM : Low Medium Speed Engine
- 1500 - 2000 RPM : Upper Medium Speed Engine
- 2000 - 3500 RPM : High Speed Engine
- Pengelompokan Engine Berdasarkan cara pemasukan bahan bakar
- Direct Injection
- bahan bakar langsung disemprotkan ke dalam ruang bakar
- Pre Combustion Chamber
- bahan bakar yang hendak disemprotkan ke dalam ruang bakar tidak langsung disemprotkan ke dalam ruang bakar, melainkan melalui kamar depan ( pre chamber ) terlebih dahulu
- Pengelompokan Engine Berdasarkan pemasukan udara kedalam cylinder
- Naturally Aspirated ( N.A )
- Turbocharged ( T )
- Turbocharged Aftercooler ( T . A )
0 Comments