Air Intake & Exhaust System

     Udara dan bahan bakar diperlukan dalam proses terjadinya pembakaran, kali ini kita akan membahas tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan engine ditinjau dari intake dan exhaust system.

Faktor tekanan atmosphere

    Tekanan atmosphere merupakan tekanan disekitar permukaan bumi yang timbul akibat berat udara sekitar. Tekanan atmosphere tertinggi terdapat pada permukaan laut karena jumlah udaranya lebih banyak dari pada jumlah udara di atas gunung. Tingginya tekanan udara di permukaan laut menyebabkan udara tersebut juga mempunyai kerapatan lebih besar. Semakin rapat udara maka molekul-molekulnya pun akan semakin banyak masuk kedalam silinder. Hal ini menghasilkan pembakaran yang terjadi didalam silinder lebih sempurna dan menghasilkan tenaga yang lebih besar. Oleh karena itu, engine memiliki kemampuan yang lebih baik jika beroperasi semakin dekat dengan permukaan laut. Settingan engine harus dirubah (derate) apabila engine dipindahkan daerah operasi dari tempat yang rendah ketempat yang tinggi untuk mendapatkan emisi gas buang yang baik.

Gambar perbandingan tekanan udara Vs Ketinggian

Faktor ambient temperature

    Ambient temperature (temperature udara sekitar) juga merupakan faktor yang menentukan seberapa banyak udara dapat mengalir kedalam ruang pembakaran engine. Semakin rendah temperature udara sekitar, semakin tinggi kerapatan udara yang akan masuk kedalam silinder dan semakin banyak tenaga yang bisa dihasilkan secara efisien oleh engine.

Faktor Humidity

    Humidity (kelembaban) merupakan pengukuran relatif terhadap jumlah uap air yang terdapat didalam udara. Uap air yang terdapat didalam udara menyebabkan efek pendinginan pada udara yang masuk kedalam engine. Oleh karena itu semakin besar humidity udara, semakin dingin udara dan semakin tinggi kerapatannya sehingga semakin banyak tenaga yang dapat dihasilkan secara efisien didalam engine. Walaupun humidity tinggi dapat meningkatkan kemampuan engine namun efek negatif yang dapat timbul juga besar, yaitu meningkatnya pembentukan asam didalam ruang bakar.

Post a Comment

0 Comments